Skip to content

DARI KAMPUS KE INDUSTRI “Cerita Magang Mahasiswa Informatika UPGRIS di BIKDK”

Semarang, 20 Mei 2025 – Bertempat di Balai Industri Kreatif Digital dan Kemasan, telah dilaksanakan penyelesaian kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) oleh mahasiswa Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas PGRI Semarang.

Kegiatan magang ini merupakan bagian dari program akademik yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja secara langsung kepada mahasiswa di lingkungan dunia industri maupun instansi pemerintahan, guna meningkatkan kompetensi teknis, keterampilan profesional, serta pemahaman terhadap penerapan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah.

Adapun mahasiswa yang telah mengikuti dan menyelesaikan kegiatan magang di Balai Industri Kreatif Digital dan Kemasan adalah sebagai berikut:

  1. Shella Purbalarang Ning Silvia (22670066)
  2. Sabrina Fauzi Prameswari  (22670090)
  3. Dwi Putri Lestari (22670099)

Ketiga mahasiswa tersebut melaksanakan magang terhitung sejak tanggal 23 Januari 2025 hingga 16 April 2025, dengan total waktu pelaksanaan selama kurang lebih 3 bulan. Selama periode tersebut, mahasiswa mendapatkan tugas dan tanggung jawab yang berhubungan langsung dengan bidang keahlian mereka, khususnya dalam hal pengembangan sistem berbasis web.

Balai Industri Kreatif Digital dan Kemasan ini dibentuk sebagai respon atas meningkatnya kebutuhan masyarakat dan pelaku industri akan dukungan teknis, pelatihan, dan fasilitas yang berkaitan dengan bidang industri kreatif digital serta pengemasan produk. Industri kreatif digital mencakup berbagai aktivitas seperti pembuatan animasi, desain grafis, game, aplikasi, serta layanan digital lainnya yang kini menjadi bagian penting dalam perekonomian modern. Sementara itu, sektor kemasan berperan krusial dalam meningkatkan nilai jual dan daya saing produk, khususnya produk lokal UMKM. Balai ini tidak hanya menyediakan layanan teknis untuk pelaku industri, namun juga membuka peluang bagi siswa dan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan mahasiswa untuk mengikuti program magang sesuai bidang keahlian mereka.

Adapun proyek akhir yang dikerjakan dalam kegiatan magang ini adalah pengembangan website BankSampah menggunakan framework PHP CodeIgniter 4, serta pengembangan aplikasi e-commerceproduk Bank Sampah berbasis Flutter dan Firebase sebagai platform backend-as-a-service. Proyek ini dirancang untuk mendukung digitalisasi pengelolaan sampah di lingkungan pendidikan. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa terlibat dalam tahapan analisis kebutuhan, perancangan antarmuka, hingga proses pemrograman sistem. Kegiatan ini juga melibatkan kerja sama tim antar peserta magang serta mendapat bimbingan langsung dari pihak instansi, baik secara teknis maupun administratif. Selama pelaksanaan magang, mahasiswa menunjukkan sikap profesional, kemampuan komunikasi yang baik, dan komitmen dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Mereka juga mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan ke dalam konteks dunia kerja yang sesungguhnya.

Dokumentasi Kegiatan